Cari Blog Ini

Rabu, 17 Oktober 2012


Pesona Batik Indonesia yang Mendunia



Akhir-akhir ini batik mulai di minati oleh masyarakat lagi , itu semua di maksudkan agar batik indonesia tidak lagi di klaim oleh negara tatangga (malaysia). Batik indonesia selain banyak di minati oleh masyarakat indonesia sendiri, batik ini juga sudah menembus pasaran dunia, negara yang paling meminati batik indonesia adalah Amerika Serikat . AS mengimport batik dari Indonesia hingga mencapai angka US$60 juta atau sekitar Rp536 miliar/tahun seperti yang dapat saya langsir dari viva news.com ,

selain AS batik indonesia juga merambah ke pasaran eropa dan Sekarang ini ekpor batik telah berkembang ke negara China, Korea Selatan (Korsel) dan India serta ASEAN . Namun yang paling menonjol atau terlaris adalah AS, AS mengimport hingga 30-40 an dari seluruh import yang dilakukan oleh Indonesia, dan 60 % lainnya di pasarkan ke berbagai negara di atas.

Adapun kain batik yang paling diminati berasal dari Bantul, justru batik dengan pewarna alami ini yang terlaris, karena motif yang dikembangkan sangat terbatas,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) Bantul Sulistyanto, sekarang di negara-negara maju masalah keamanan dan legalitas itu penting sekali sehingga kalau yang dipakai dengan zat kimia mereka akan menolak, sehingga batik dengan pewarna alami ini yang mulai diminati, selain batik cap dan batik tulis. Namun sekarang batik tidak hanya di terapkan pada kain saja , batik juga di tuangkan dalam bentuk ukiran2 , itu semua bertujuan untuk melestarikan batik indonesia dan tak diklaim lagi oleh negara tetangga.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer